Lagu Paduan Suara | Partitur SATB | Lagu Indonesia

17 Feb, 2018

Buku Lagu : Untaian Nada Bagi Tuhan (UNBT) – Jilid 3

Posted by: kandangjago In: Buku Lagu/Buku Musik|Lagu Indonesia|Lagu Paduan Suara|Lagu Rohani|Musik|Partitur Paduan Suara|Partitur SATB| 2,334 views

Terbit : 17 Februari 2018

Setelah sebelumnya terbit buku Untaian Nada Bagi Tuhan (UNBT) Jilid 1 dan 2 yang berisi lagu-lagu baru rohani dan liturgi untuk ibadat, kebaktian, dan misa untuk keperluan apapun, maka sekarang sudah terbit edisi lanjutannya, yaitu buku Untaian Nada Bagi Tuhan (UNBT) jilid 3 dengan judul buku Sembahan Hati.

Semua nyanyian di dalam buku Untaian Nada Bagi Tuhan ini merupakan hasil ciptaan dari anggota-anggota Paduan Suara Felicitas Yogyakarta yang penuh semangat menciptakan lagu-lagu ini untuk menambah perbendaharaan lagu rohani dan liturgi dengan nyanyian baru dalam berbagai tema.

Secara keseluruhan, sudah ada 3 jilid buku Untaian Nada Bagi Tuhan yang disingkat UNBT, dengan judul buku sebagai berikut :
– 2013 : UNBT Jilid 1 (UNBT-1) : Alleluya, Pujilah Dia !
– 2016 : UNBT Jilid 2 (UNBT-2) : Sukacita Sambut Dia
– 2017 : UNBT Jilid 3 (UNBT-3) : Sembahan Hati

Setiap lagu yang diciptakan dipikirkan secara serius baik pergerakan melodi maupun syair yang dipilih, semuanya itu semata-mata karena lagu ini merupakan lagu yang dinyanyikan dalam sebuah ibadat, kebaktian ataupun misa, sehingga suasana dan syair perlu untuk diperhatikan.

Setiap nyanyian yang diciptakan, diaransemen secara serius baik untuk paduan suara campuran atau Mixed Choir (Partitur Paduan Suara SATB) maupun untuk paduan suara sejenis (Children Choir atau Female Choir), baik dalam pemilihan akor dan pergerakan akornya, juga ambitus untuk setiap suara dibuat sedemikian rupa, sehingga tetap bisa dinyanyikan dengan nyaman.

Begitu pula bahwa aransemen dibuat untuk membuat karakter, suasana dan jiwa lagu, sehingga ada lagu yang dimulai dengan suara Sopran Alto atau Tenor Bas, dan tidak secara keseluruhan sejak awal dinyanyikan oleh semua suara. Beberapa lagu dibuat dengan teknik homofoni ataupun polifoni (kejar-kejaran), untuk membuat aksen atau tekanan, dan banyak hal yang bisa dilihat dari setiap lagu dalam seri Untaian Nada Bagi Tuhan dari jilid 1 sampai dengan jilid 3 ini.

Besar harapan agar lagu-lagu dalam UNBT-3 ini dapat dengan mudah dinyanyikan oleh semua jenis kelompok Paduan Suara, karena ada beberapa lagu dibuat dua aransemen, yaitu untuk koor campur (SATB) dan koor sejenis (female/children choir).
Di dalam UNBT-3 ini juga termuat saran-saran dan cara-cara untuk menyanyikan setiap lagunya, walaupun tidak harus diikuti, karena semua kembali kepada interpretasi dari dirigen atau pelatih masing-masing.

Dalam buku Untaian Nada Bagi Tuhan (UNBT) jilid 3 ini ada 2 (dua) lagu yang secara khusus cocok dinyanyikan untuk masa paskah (dari Malam Paskah sampai beberapa minggu dalam masa Paskah).

Kedua lagu Paskah tersebut merupakan lagu medley yang cukup panjang (durasi saat dinyanyikan sekitar 3-4 menit), yaitu lagu nomor 1 : Kristus Bangkit Menang dan nomor 7 : Mari Sambut Kebangkitan Kristus.

Untuk lagu-lagu yang lainnya bertema umum dan bisa dinyanyikan sepanjang tahun, sepanjang waktu untuk keperluan apapun.

Berikut ini adalah lagu-lagu yang termuat dalam buku lagu Untaian Nada Bagi Tuhan (UNBT) jilid 3, untuk paduan suara berupa partitur SATB dan partitur suara sejenis :

  • Kristus Bangkit Menang
  • Sembahan Hati
  • Hidupku Hanya Untuk-Mu
  • Cinta Bagi Dia
  • Abadi Kasih Setia-Mu
  • Dari Hati
  • Mari Sambut Kebangkitan Kristus
  • Salib dan Darah Ilahi
  • Tubuh Darah-Mu
  • Allah Sumber Terang Bagi Jiwaku
  • Tuhan Hadir Untuk Kita
  • Persembahan di Mezbah-Mu
  • Perjamuan Suci
  • Pengampunan-Nya
  • Segala Kemuliaan Hanya Bagi-Mu
  • Hanya Yesus

Dan beberapa bonus lagu dalam buku ini adalah sebagai berikut :

  • Crown Him With Many Crowns
  • O What Their Joy and Glory Must Be
  • Abdi Sejati
  • At The Cross
  • Penuhilah Hatiku
  • Tuhanku Yesus

Lagu-lagu di atas merupakan lagu dengan aransemen pilihan dan semuanya adalah aransemen baru yang memiliki tingkat kesulitan dari yang mudah sampai sulit, dengan total halaman sebanyak 64 halaman.

Untuk pemesanan dan harga, dapat menghubungi ke nomor administrasi atau via kontak kami di :

 

Pembawaan lagu-lagu yang termuat dalam buku Untaian Nada Bagi Tuhan (UNBT) jilid 3 :

  • 1. KRISTUS BANGKIT MENANG
    Aransemen hanya tersedia untuk SATB (Mixed Choir) saja. Lagu ini khusus untuk masa Paskah. Refren diambil dari lagu Alleluia karya James McGranahan yang diaransemen ulang, dan diberi tambahan berupa improvisasi bait (1-3). Tanda tempo dan dinamika sebagai usulan saja dalam membawakan lagu ini sudah dicantumkan, namun bilamana dikehendaki, bia dibuat secara berbeda sesuai dengan keinginan dari pelatih/dirigen, setelah mempelajari lagu ini secara keseluruhan. Usulan Interpretasi : Refren dinyanyikan non legato dan marcato, dengan tempo Allegro dan tetap memperhatikan nilai seperenambelas (not dengan dua garis di atas) pada masing-masing suara. Bait I , dinyanyikan secara gembira, perhatikan perpindahan melodi pokok (cantus firmus), di awal ada pada Sopran dan berkutnya ada pada Tenor. Bait 2, dinyanyikan dengan tempo lebih lambat, namun tetap hidup. Animato Assai, merujuk pada tempo MM. 101-104. Perhatikan bahwa lagu ini mirip minor, namun akor yang dipilih lebih banyak mayornya dan diakhiri dengan a tempo untuk masuk ke Refren. Bait 3, diawali dengan pengulangan sedikit dari bait 2 dan ada jembatan modulasi, untuk masuk ke modulasi, tempo bisa diperlambat (Allargando) untuk mempertegas adanya beda suasana karena modulasi tersebut. Variasi Refren, dinyanyikan dengan mengeksplorasi lagu ini untuk mengakhiri lagu secara keseluruhan.

 

  • 2. SEMBAHAN HATI
    Tersedia untuk aransemen SATB (Mixed Choir) dan aransemen 3 suara (suara sejenis) untuk Children Choir, Female Choir, dan Male Choir. Pada aransemen SATB, refren diulang dengan variasi dan diakhiri dengan Coda, tapi untuk aransemen suara sejenis, tidak ada variasi, setelah lagu selesai dinyanyikan, bisa diulang dari depan (dengan interlude) atau dari Refren (tanpa interlude), Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum tentang persembahan. Usulan Interpretasi : Dibawakan dengan tenang dari awal lagu, bisa memakai teknik busur setiap dua birama, pada baris ketiga ada percepatan (accelerando) untuk menuju Refren (Animato). Refren dinyanyikan dengan tempo sedikit lebih cepat dan saat pengulangan refren, dinyanyikan lebih hidup. Coda dinyanyikan dengan lambat untuk mengakhiri lagu ini.

 

  • 3. HIDUPKU HANYA UNTUK-MU
    Tersedia untuk aransemen SATB (Mixed Choir) dan aransemen 3 suara (suara sejenis) untuk Children Choir, Female Choir, dan Male Choir. Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum, sebagai lagu pujian (worship). Usulan Interpretasi : tempo bisa menggunakan Allegro Moderato atau sekitar MM. 105, namun tempo ini bisa disesuaikan dengan interpretasi dari pelatih/dirigen. Permainan dinamika bisa dilakukan setiap pergantian kalimat lagu. Misalnya, pada awal lagu, kalimat lagu pertama, dinyanyikan dengan mf atau f, kemudian masuk ke kalimat lagu kedua (diawali dari kata “Biarlah hidupku..”), tempo sedikit diperlambat dan dengan lebih lembut (mp atau p), begitu seterusnya untuk kalimat lagu selanjutnya bisa dibuat kembali seperti awal, atau dengan interpretasi yang disesuaikan dengan suasana lagu yang bisa dilihat dari arti syairnya.

 

  • 4. CINTA BAGI DIA
    Tersedia untuk aransemen SATB (Mixed Choir) dan aransemen 3 suara (suara sejenis) untuk Children Choir, Female Choir, dan Male Choir. Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum, sebagai lagu pujian (worship). Usulan Interpretasi : awal lagu (untuk aransemen SATB), pada kalimat lagu pertama hanya dinyanyikan oleh 3 suara SAT, untuk memberi kesan ringan, dengan tempo MM. 80-85 atau moderato. Pada kalimat lagu kedua, lebih ditingkatkan sedikit untuk tempo, namun diakhiri dengan sedikit melambat, karena refren (mulai dari “Pelita-Nya menyinari…”), dimulai dari tempo yang sedikit lebih lambat daripada awal lagu, namun dilanjutkan dengan a tempo, sehingga membuat lebih dinamis. Penggarapan pada saat cantus firmus (melodi pokok) pada sopran bertitik panjang, suara lain memberi variasi mengisi yang sedikit ditonjolkan, bisa dengan sedikit mempercepat tempo dan mengeras (crescendo).

 

  • 5. ABADI KASIH SETIA-MU
    Hanya tersedia untuk aransemen SATB atau Mixed Choir saja. Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum, sebagai lagu pujian (worship). Usulan Interpretasi : dinyanyikan dengan tempo sekitar MM. 100, setiap kalimat lagu bisa dibuat teknik crescendo decrescendo, dengan tempo awal lambat, dipercepat sedikit di tengah dan diakhiri dengan tempo lambat lagi, atau biasa disebut teknik busur. Perhatikan harmonisasi yang dibuat, karena akor memang sengaja dipilih untuk berubah dalam satu atau dua ketuk dan banyak akor disonan (janggal), sehingga kejanggalan ini harus ditampakkan sebagai point dalam lagu ini. Pengulangan refren sengaja ditulis dua kali untuk memastikan bahwa pengulangan dinyanyikan dengan dinamika yang berbeda. Artinya jika refren pertama dinyanyikan secara tempo biasa, maka pengulangan bisa dengan tempo lebih cepat dan dinamika lagu diperkaya dengan banyak percepatan dan perlambatan.

 

  • 6. DARI HATI
    Tersedia untuk aransemen SATB (Mixed Choir) dan aransemen 2 suara (suara sejenis) untuk Children Choir, Female Choir, dan Male Choir. Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum, sebagai lagu persembahan dan pujian. Intro yang ditulis merupakan intro modulasi dari do=C ke do=A, jadi memang perlu hati-hati. Jika kesulitan, bisa membuat intro lain yang lebih bisa membantu penyanyi untuk membidik nada awal dengan tepat. Usulan Interpretasi : Dinyanyikan dengan tempo Allegretto atau sekitar MM. 90, pada awal lagu dengan tenang sebelum modulasi. Setelah modulasi, tempo sedikit ditingkatkan dan lebih hidup dan sedikit lebih cepat lagi pada saat homofoni, dimana semua suara bernyanyi bersama, yaitu di baris ketiga, mulai kalimat “T’rimalah persembahan kami…”

 

  • 7. MARI SAMBUT KEBANGKITAN KRISTUS
    Aransemen hanya tersedia untuk SATB (Mixed Choir) saja. Lagu ini cocok dinyanyikan pada saat Paskah, mulai Malam Paskah hingga beberapa minggu sesudah Paskah saat suasana Paskah masih dirasakan. Lagu ini cukup panjang, durasi sekitar 4-5 menit, tergantung tempo dan cara pembawaan lagu secara keseluruhan, karena lagu ini merupakan medley beberapa lagu Paskah terkenal, terutama Kristus Bangkit dan Langit Masyurkan. Intro hanya pendek dan total ada 7 modulasi memerlukan konsentrasi dan juga interpretasi yang perlu digarap agar suasana keseluruhan bisa dibangun. Beberapa tanda tempo sudah tercantum dalam lagu ini sebagai usulan saja tentang kecepatan setiap bagian potongan lagu. Perhatikan terjadinya perubahan tanda birama, dari 4/4 ke 2/2 (Alla Breve) pada akhir lagu.

 

  • 8. SALIB DAN DARAH ILAHI
    Tersedia untuk aransemen SATB (Mixed Choir) dan aransemen 3 suara (suara sejenis) untuk Children Choir, Female Choir, dan Male Choir. Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum, sebagai lagu persembahan dan juga pujian (worship). Usulan Interpretasi : Pada awal lagu dinyanyikan dengan tenang, tempo kira-kira MM. 80-85, perhatikan pada syairnya untuk mendapatkan penjiwaan yang sesuai. Pada bagian refren, dimulai dari “Engkau panggil kami…”, dinyanyikan dengan lebih hidup dan dinamis untuk memberikan perbedaan suasana.

 

  • 9. TUBUH DARAH-MU
    Hanya tersedia untuk aransemen SATB atau Mixed Choir saja. Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum, sebagai lagu untuk persembahan dan pujian (worship). Lagu ini banyak sinkop atau irama gantung, dimana aksen kuat muncul pada not-not yang semestinya beraksen lemah. Usulan Interpretasi : Tempo yang diusulkan adalah Allegretto atau MM. 90-95. Karena akor-akor yang dipilih adalah lebih banyak akor disonan (harmoni janggal), maka keseimbangan antar suara perlu diperhatikan, supaya harmoninya memunculkan suasana kuat yang mendukung penjiwaan lagu ini secara keseluruhan. Lagu ini bisa dinyanyikan sekali langsung Coda atau dua kali dari depan, terus Coda. Atau bisa dinyanyikan utuh keseluruhan, sebelum Coda diulang dahulu pada kalimat lagu “Pantaskan diriku menyambut tubuh-Mu…” kemudian diakhiri di Coda.

 

  • 10. ALLAH SUMBER TERANG BAGI JIWAKU
    Hanya tersedia untuk aransemen SATB atau Mixed Choir saja. Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum, sebagai lagu pujian (worship). Lagu ini sengaja dimulai dengan 3 suara atas, atau SAT (Sopran Alto Tenor) tanpa Bas untuk membuat kesan ringan dalam menyanyikan di awal lagu. Usulan Interpretasi : Bisa dimulai dengan tempo Allegretto atau MM. 90-95, dengan memperhatikan banyak not seperenambelas yang perlu dinyanyikan secara hati-hati agar tidak terkesan cepat, sehingga artikulasi menjadi tidak jelas. Tetap dinyanyikan secara santai. Dengan banyaknya not seperenambelas ini perlu dijaga olah teknik pernapasanya sehingga tidak dinyanyikan secara pendek-pendek dalam satu kalimat lagu.

 

  • 11. TUHAN HADIR UNTUK KITA
    Tersedia untuk aransemen SATB (Mixed Choir) dan aransemen 3 suara (suara sejenis) untuk Children Choir, Female Choir, dan Male Choir. Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum, sebagai lagu pujian (worship). Usulan Interpretasi : lagu ini cukup ringan, sehingga cukup dinamis temponya, bisa dinyanyikan dengan tempo lambat atau bisa juga dengan tempo sedikit cepat. Dinamika busur (awal kalimat lagu, lembut kemudian crescendo, sedikit mencepat, diakhiri dengan sedikit melambat dan decrescendo pada akhir kalimat lagu) bisa diterapkan.

 

  • 12. PERSEMBAHAN DI MEZBAH-MU
    Tersedia untuk aransemen SATB (Mixed Choir) dan aransemen 2 suara (suara sejenis) untuk Children Choir, Female Choir, dan Male Choir. Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum, sebagai lagu persembahan dan pujian. Usulan Interpretasi : Lagu ini dibawakan dengan tenang, tempo tidak terlalu cepat pada awal lagu sampai sebelum refren. Perhatikan suara yang mengisi titik nada panjang pada suara melodi pokok, sehingga bisa memberi warna dan jangan dinyanyikan terlalu keras melebihi dari melodi pokoknya. Bagian refren bisa dinyanyikan lebih hidup, tempo sedikit lebih cepat dan dinamis

 

  • 13. PERJAMUAN SUCI
    Tersedia untuk aransemen SATB (Mixed Choir) dan aransemen 2 suara (suara sejenis) untuk Children Choir, Female Choir, dan Male Choir. Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum, sebagai lagu persembahan dan pujian. Usulan Interpretasi : Lagu ini penuh dengan irama gantung atau sinkop. Dengan banyaknya sinkop, dimana terjadi pergeseran aksen kuat pada ketukan lemah (gantung), maka perlu ditampakkan kekuatan karakter tersebut. Lagu ini memiliki suasana tenang namun memiliki kekuatan pada irama gantungnya, dan dengan keseimbangan pada semua suara maka harmoni atau akor yang dipilih juga akan memberikan suasana penjiwaan yang khas dalam lagu ini.

 

  • 14. PENGAMPUNANNYA
    Hanya tersedia untuk aransemen SATB atau Mixed Choir saja. Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum, sebagai lagu pujian (worship). Usulan Interpretasi : Ada empat (4) bagian dalam lagu ini yang masing-masing memliki motif sendiri. Bagian I, pada baris 1 dan 2, melodi pokok (cantus firmus) pada kalimat lagu pertama dinyanyikan oleh Tenor, dan kalimat lagu selanjutnya oleh Sopran. Melodi pokok jangan sampai tertutup oleh suara yang lain dan bisa dinyanyikan dengan teknik busur. Mulai baris 2 akhir, dimulai Bagian II lagu, dan berakhir di halaman selanjutnya di birama I, bagian ini diaransemen secara kejar-kejaran, sehingga semua suara (terutama SAT) bisa nampak saling bersahutan dan ditonjolkan. Pada Bagian III yang diawali dari halaman 43 baris 1, sahut-sahutan antara Sopran dan Tenor bisa ditonjolkan, suara lain menyesuaikan, sementara Alto bisa sama kerasnya dengan Sopran, dan Bas mewarnai. Bagian IV, dimulai dari baris 3 halaman 43, dari kata “Bertelut, berlutut…” sebagai bagian akhir lagu ini bisa digarap dengan lebih dinamis daripada bagian-bagian sebelumnya.

 

  • 15. SEGALA KEMULIAAN HANYA BAGI-MU
    Tersedia untuk aransemen SATB (Mixed Choir) dan aransemen 3 suara (suara sejenis) untuk Children Choir, Female Choir, dan Male Choir. Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum, sebagai lagu pujian (worship). Usulan Interpretasi : Pada awal lagu ini bisa dinyanyikan dengan tempo tenang atau sedang, jangan terlalu cepat. Melodi pokok ada pada sopran, maka suara yang lain mengiringi dan jangan sampai menutup melodi sopran. Pada bagian refren, tempo bisa ditingkatkan, lebih sedikit dipercepat dan lebih dinamis. Suara yang lain tetap bersifat mengiringi, tapi bisa dengan volume yang hampir sama dengan sopran, karena melodi sopran banyak not panjang yang diisi oleh suara yang lain, sehingga suara lain ini perlu ditampakkan supaya tidak kosong. Urutan lagu (optional) tercantum dalam lagu di halaman 45.

 

  • 16. HANYA YESUS
    Tersedia untuk aransemen SATB (Mixed Choir) dan aransemen 3 suara (suara sejenis) untuk Children Choir, Female Choir, dan Male Choir. Lagu ini bisa dinyanyikan sepanjang tahun dan setiap waktu, karena mengangkat tema umum, sebagai lagu pujian (worship). Usulan Interpretasi : Lagu ini dinyanyikan dengan tempo sedang dan dibawakan secara tenang, tapi tempo yang cukup signifikan dipercepat mulai dari bagian “Hanya Yesus kekuatan jiwaku…”, bagian ini bisa dilakukan pengulangan setelah lagu selesai dinyanyikan bisa diselingi interlude atau langsung tanpa interlude. Pada bagian awal lagu, pada baris pertama, suara Tenor dan Bas mengiringi dengan suara “Huu…” perhatikan tempat potongannya. Pada baris II halaman 48, dimana melodi pokok mengulang motif, iringan dari suara Alto Tenor dan Bas diberi tekanan pada bagian not seperenambelasnya, karena sebagai pengiring, maka jangan sampai menutup suara melodi pokok.

Untuk pemesanan dan harga, dapat menghubungi ke nomor administrasi atau via kontak kami di :

4 people like this post.

Share Button



1 Response to "Buku Lagu : Untaian Nada Bagi Tuhan (UNBT) – Jilid 3"

Comment Form

INSPIRASI

So much of life, it seems to me, is determined by pure randomness. - Sidney Poitier

Langganan Posting

Ingin selalu mendapatkan informasi terbaru tentang lagu-lagu paduan suara? Ada Lagu Rohani, Lagu Daerah, Lagu Reliji, Lagu Nasional, dan sebagainya? Masukkan alamat email anda di sini:

Delivered by FeedBurner

Jangan lupa untuk kemudian periksa email anda dan klik pada link di dalam email untuk mengaktifkannya, jika tidak diaktifkan, maka belum dapat menerima email dari website ini saat ada informasi terbaru. Jika belum menerima e-mail, cek di SPAM FOLDER. Terima Kasih.

Views

Informasi

Kami mohon maaf jika suatu saat mendapati website ini tidak dapat diakses. Hal ini karena server hosting yang kami sewa sering sekali down. Bookmark Website ini segera agar dapat dikunjungi kembali. Klik logo ini :

Bookmark and Share

Atau tekan CTRL+D dari keyboard.

Transportasi Umum ke Kandangjago Online Publisher

Kontak Kami

Klik disini :

TENTANG KAMI

Blackberry | PIN BlackBerry: D39FF8E8
Whatsapp | Whatsapp Only : 0811.255.375
Email | Email : kandangjago@gmail.com
Alamat | Alamat : Jl. Ki Mangunsarkoro 57a
Alamat | Kota : Yogyakarta 55111
Google Maps | -- lihat peta via Google Maps --
Twitter | Twitter : @kandangjago
Facebook | Facebook : Kandangjago

Searching

Latest tweets

  • Loading tweets...

Lirik Lagu Paduan Suara – Semua Lagu Ada Arrangement untuk Paduan Suara. Silahkan klik Kontak Kami untuk mendapatkannya.

Traffic

pembesar penis obat pembesar vimax toko vimax original toko vimax vimax original obat pembesar pembesar penis pembesar payudara alat bantu sex pembesar penis alat vital pembesar alat vital obat pembesar vimax vimax vimax asli obat kuat obat kuat herbal obat pembesar penis obat pembesar pembesar penis alat pembesar penis pembesar penis alat bantu sex perangsang obat perangsang perangsang wanita pelangsing badan obat pelangsing pelangsing pelangsing obat pembesar pembesar penis vimax obat peninggi peninggi badan peninggi pembesar penis obat pembesar pembesar penis obat pembesar penis