Lagu Paduan Suara | Partitur SATB | Lagu Indonesia

15 Feb, 2018

Buku Lagu : Untaian Nada Bagi Tuhan (UNBT) – Jilid 2

Posted by: kandangjago In: Musik| 6,537 views

Update : 15 Februari 2018

 

Kata Pengantar Buku Lagu Untaian Nada Bagi Tuhan (UNBT) – Jilid 2

 

Menyitir apa yang dipertanyakan oleh Budayawan dan Pastor Y.B. Mangunwijaya, Pr (alm.), dalam sebuah seminar musik gerejawi di Palangkaraya, Kalimantan, bulan Juni 1983 : “Apakah nyanyian/lagu religius Kristen harus anggun tradisional dan terkesan lamban sekali, ataukah dapat berbentuk hard rock dan dangdut?” Pertanyaan tersebut hingga saat ini pun mungkin masih sering kita dengar atau kita pertanyakan.

Di mana jawaban dari pertanyaan tersebut akan sangat mempengaruhi perkembangan musik dan lagu Gereja itu sendiri, baik pada waktu yang lampau, waktu sekarang, dan waktu yang akan datang. Jawaban dari pertanyaan tersebut secara tidak langsung juga akan sangat berpengaruh atas banyaknya karya cipta nyanyian/lagu dari para insan anggota Gereja itu sendiri.

Lagu itu sendiri adalah sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia, melewati sebuah proses perjumpaan yang sangat pribadi dari Allah kepada diri kita, lewat proses olah rasa dan daya cipta akal budi kita untuk memuji dan memuliakan namaNya. Sebuah nyanyian/lagu selain memiliki peranan yang penting sebagai penunjang kehidupan penyembahan dan pujian dalam Gereja, juga akan membantu menghantarkan masing-masing pribadi untuk lebih menyegarkan jiwa dalam doa dan berefleksi diri.

Untuk itu, karena proses yang sangat tidak sederhana atas terciptanya sebuah lagu dalam penyembahan dan puji-pujian dalam Gereja, maka Gereja sangat memahami akan peranan para pencipta lagu baik liturgi ataupun rohani tersebut, dan menghendaki agar para pencipta lagu tergabung di dalam sebuah kelompok Paduan Suara, yang dibina oleh Gereja, untuk melestarikan khazanah Musik Liturgi dengan cermat (Sacrosanctum Consilium art. 114).

Sebagai sebuah kelompok Paduan Suara yang dibina oleh Gereja, Paduan Suara Felicitas Yogyakarta selalu bercita-cita memberikan sukacita atau kegembiraan kepada Gereja dan masyarakat luas, baik itu lewat lagu-lagu yang dinyanyikan, ataupun lewat lagu-lagu yang telah diciptakannya. Keinginan untuk selalu berkarya lewat lagu dan nyanyian tersebut yang akhirnya pada akhir tahun 2013 berhasil mempersembahkan sebuah Buku Nyanyian/lagu Rohani dan Liturgi : UNTAIAN NADA BAGI TUHAN – jilid 1 dengan tema : ALLELUIA, PUJILAH DIA !

Kumpulan Lagu Rohani dan Liturgi UNTAIAN NADA BAGI TUHAN – jilid 1 (UNBT-1) sungguh di luar dugaan kami. Setelah beberapa kali cetak dan selalu habis, masih banyak kelompok Paduan Suara dari penjuru Sabang sampai Merauke yang menanyakan kapan buku UNBT-1 tersebut dicetak kembali dan kapan buku UNBT-2 diterbitkan?

Setelah melalui proses penciptaan lagu dan editing, yang memang cukup lama, maka saat ini kami, Paduan Suara Felicitas Yogyakarta, dalam rangka menyongsong Ulang Tahun yang ke 17, sebagai bentuk rasa Sukacita dan Kegembiraan kami sebagai Paduan Suara, kami persembahkan Buku Kumpulan Lagu Rohani dan Liturgi : UNTAIAN NADA BAGI TUHAN – jilid 2, dengan tema : SUKACITA SAMBUT DIA.

Lagu-lagu dalam UNTAIAN NADA BAGI TUHAN –jilid 2 (UNBT-2) ini dibuat oleh anggota Paduan Suara Felicitas, yang tentu saja telah diaransemen oleh salah satu pendiri dan pelatih Paduan Suara ini, beliau adalah mas Bayu Nerviadi, C.C. Lewat tangan beliaulah, lagu-lagu hasil karya cipta anggota Paduan Suara Felicitas, dalam UNBT-2 ini menjadi begitu indah.

Kami berharap pula agar lagu-lagu dalam UNBT-2 ini dapat dengan mudah dinyanyikan oleh semua jenis kelompok Paduan Suara, karena ada beberapa lagu dibuat dua aransemen, yaitu untuk koor campur (SATB) dan koor sejenis (female/children choir). Di dalam UNBT-2 ini diberikan pula cara-cara untuk menyanyikan setiap lagunya. Selain itu, ada petunjuk-petunjuk seandainya komposisi suara dalam kelompok paduan suara tidak komplit, misalnya tidak adanya suara Tenor/Bas, atau jumlah penyanyi putranya sedikit, dan lain-lain.

Demikian persembahan kami, kelompok Paduan Suara Felicitas, yang selama 17 tahun ini, telah diberikan kesempatan untuk mewartakan sukacita dan kegembiraan lewat lagu-lagu yang kami nyanyikan dan ciptakan. Semoga dengan hadirnya Buku Kumpulan Lagu Rohani dan Liturgi UNBT-2 ini, sukacita dan kegembiraan tersebut benar-benar dapat dirasakan oleh semua warga Gereja dan masyarakat. Setelah diterbitkannya UNBT-2 ini, maka nantikan persembahan kami juga dalam UNBT-3, dan jilid-jilid selanjutnya. Semua yang kami persembahkan ini agar lebih besarnya Kemuliaan Tuhan.
Untuk pemesanan dan harga, dapat menghubungi ke nomor administrasi atau via kontak kami di :

Buku-buku seri Untaian Nada Bagi Tuhan, jilid lainnya bisa dibaca disini :

Seri buku lainnya :

 

Isi dan pembawaan lagu-lagu yang termuat dalam buku Untaian Nada Bagi Tuhan (UNBT) jilid 2 :

  • 1. ALLELUYA, HIDUP KITA DITEBUS-NYA
    Aransemen tersedia untuk SATB & Sejenis, bisa dinyanyikan setiap saat, bisa juga untuk masa Natal maupun Paskah. Usulan interpretasi, awal lagu dinyanyikan dengan penuh perasaan untuk merasakan aliran melodinya, tempo lagu sekitar MM. 80 (Andante). Pada bagian refren (Bersoraklah…) dinyanyikan lebih megah dan meriah, tetap Andante pada tempo MM. 90-100. Lagu ini bisa diulang dengan interlude sama dengan intro. Jika jumlah komposisi suara tidak komplit (penyanyi terbatas), dimana jumlah Pria lebih sedikit, maka nyanyikanlah aransemen sejenis (1b), dimana suara I & II dinyanyikan Sopran dan Alto, suara III dinyanyikan Pria (Tenor & Bas). Atau jika dinyanyikan dengan dua suara, yaitu wanita & pria saja, maka suara I dinyanyikan oleh wanita dan suara II dinyanyikan oleh pria, suara III tidak dinyanyikan. Untuk paduan suara sejenis : female choir, children choir dan male choir, gunakan aransemen Sejenis, jika ingin dinyanyikan untuk 2 suara saja, maka nyanyikanlah suara I dan II.

 

  • 2. DI KASIH-MU
    Tersedia untuk aransemen SATB, ada dua intro pada lagu ini, yaitu intro musik dan intro vokal, jika lagu diulang, bisa memilih, memakai intro musik atau intro vokal saja, kemudian langsung masuk ke lagunya (birama 9). Usulan interpretasi, lagu ini diawali oleh SAT untuk memberikan nuansa yang ringan dan dinyanyikan secara dinamis, tempo lagu Adagio (MM. 70). Refren dinyanyikan dengan suasana lebih megah, tempo sedikit lebih cepat (Andante, dengan MM. 85-88). Refren bisa diulang atau dinyanyikan dua kali. Jika jumlah komposisi suara tidak komplit, bisa dinyanyikan 3 suara, yaitu wanita menyanyikan SA, dan pria menyanyikan suara B (Bas). Jika hendak dinyanyikan 2 suara, maka wanita dan pria menyanyikan suara S pada awal lagu sebelum refren, dan saat refren, wanita menyanyikan suara S, dan pria menyanyikan suara B. Tema lagu ini adalah umum, sehingga bisa dinyanyikan setiap waktu.

 

  • 3. MEMUJI NAMA TUHAN SELAMANYA
    Tersedia dalam 3 aransemen, yaitu aransemen SATB, Sejenis 2 suara dan Sejenis 3 suara, dengan tema pujian kepada Tuhan, bisa dinyanyikan sepanjang tahun (umum), tidak terbatas kepada tema khusus. Usulan interpretasi, fokus kepada sinkop (tekanan gantung), permainan dinamika keras lembut kecil-kecil (dalam satu birama) pada sinkop tersebut di awal sampai sebelum refren akan memberikan suasana yang segar, tempo lagu secara umum adalah Allegro (MM. 120). Refren dinyanyikan lebih tegas dan meriah. Usulan urutan lagu, tercantum pada akhir lagu ini. Jika jumlah komposisi suara tidak komplit, bisa memilih aransemen sejenis, dimana untuk aransemen 3 suara (3b), suara I dinyanyikan S, suara II dinyanyikan A dan suara III dinyanyikan TB. Atau jika dinyanyikan 2 suara, pilih aransemen 2 suara (3c), dimana suara I dinyanyikan oleh wanita dan suara II dinyanyikan oleh pria. Untuk paduan suara sejenis (female/children/male choir), pilih aransemen sejenis, yaitu 3b atau 3c.

 

  • 4. HANYA DIA
    Lagu ini merupakan lagu dengan melodi yang sendu, dengan tema kasih setia Tuhan, bisa dinyanyikan sepanjang tahun atau tema umum. Usulan interpretasi, lagu ini ada dua intro, yaitu intro musik dan intro vokal, jika akan dinyanyikan dua kali, intro musik bisa digunakan sebagai interlude, lalu masuk ke intro vokal atau bisa langsung ke lagu. Lagu ini juga bisa dinyanyikan secara acapella (tanpa iringan). Pada awal lagu sampai sebelum intro, tempo lagu adalah Adagio (kurang lebih MM. 70), penuh perasaan, sehingga beberapa bagian sedikit dipercepat atau diperlambat untuk membawa suasana lagu. Pada saat Refren, dinyanyikan sedikit lebih cepat (mendesak) namun tetap dinamis, tempo bisa dimainkan (mencepat atau melambat) dalam refren ini. Jika jumlah komposisi suara tidak komplit, intro vokal tidak dipakai, setelah intro musik, langsung ke lagu, dimana melodi pokok yang berpindah dari Alto ke Bas, semuanya dinyanyikan secara unison (satu suara) oleh semua penyanyi wanita dan pria, suara lain diabaikan dan tidak dinyanyikan. Saat masuk Refren, suara wanita bisa dibagi dua, menyanyikan suara S dan A, atau satu suara saja, suara S, dan suara pria menyanyikan suara B.

 

  • 5. ENGKAU YESUS
    Tersedia untuk aransemen SATB & Sejenis, lagu ini bertema umum, sehingga bisa dinyanyikan sepanjang tahun, setiap waktu, tidak terbatas pada tema khusus. Usulan interpretasi, tempo lagu Andante (MM. 77) sampai pada birama 16, pada saat masuk birama 17 (Engkau Yesus…), bisa dinyanyikan dengan sedikit lebih cepat, yaitu dinyanyikan dengan tempo MM. 92-95. Untuk variasi, pada birama 1 s.d. 16, dinyanyikan secara solis atau unisono, dimana melodi pokok (cantus firmus) di suara S, suara lain tidak dinyanyikan, setelah masuk birama 17, setiap suara menyanyikan bagian masing-masing. Saat diulang, solis/unison ditiadakan, semua suara bernyanyi sesuai bagiannya. Jika jumlah komposisi suara tidak komplit, pilih aransemen SATB (5a), jika suara wanita lebih banyak, bisa dibagi 2, yaitu dinyanyikan suara S dan A, dan pria menyanyikan suara B. Jika dinyanyikan 2 suara untuk wanita dan pria saja, maka wanita menyanyikan suara S dan pria menyanyikan suara T atau bisa juga suara B. Aransemen Sejenis khusus untuk female/children choir.

 

  • 6. PERSEMBAHAN SYUKUR
    Tersedia untuk aransemen SATB & Sejenis. Merupakan lagu untuk persembahan, perjamuan atau penerimaan Tubuh Kristus, tema lagu ini adalah umum, namun bisa juga dinyanyikan saat khusus, misalnya waktu Kamis Putih. Usulan interpretasi, dinyanyikan dengan tempo Adagio (MM. 75), sedikit dinamis dalam tempo namun tidak mendesak terlalu ekstrim, dan tetap mempertahankan rentang tempo Adagio. Tidak ada perubahan tempo yang berarti sepanjang lagu ini untuk mempertahankan suasana yang megah dari awal hingga akhir lagu. Jika jumlah komposisi suara tidak komplit, bisa dinyanyikan dua suara, wanita dan pria saja, dimana wanita menyanyikan suara S dan pria menyanyikan suara T dan nada dasar bisa diturunkan menjadi do = Bes (jika suara pria terlalu tinggi). Jika jumlah penyanyi wanita lebih banyak, maka bisa dibagi dua, wanita menyanyikan suara S dan A, sedangkan pria menyanyikan suara T. Aransemen suara sejenis, khusus untuk female/children/male choir, jika hanya ingin dinyanyikan 2 suara, pilih suara I dan III, nada dasar bisa dinaikkan, jika memungkinkan.

 

  • 7. KAMI PERCAYA KASIH-MU
    Tersedia untuk aransemen SATB dan Sejenis. Lagu ini bertema umum dan kontemplasi, bisa dinyanyikan sepanjang tahun, setiap saat. Usulan interpretasi, dinyanyikan dengan tempo MM. 67 (Adagio), pertahankan tempo, dengan tetap memperhatikan pergerakan melodi yang bisa untuk membawa pada sedikit percepatan atau perlambatan. Jika jumlah komposisi suara tidak komplit, jika dinyanyikan 2 suara (wanita dan pria), pilih aransemen SATB, dimana wanita menyanyikan suara S dan pria menyanyikan suara B, pada saat ulangan. Sedangkan di awal lagu sampai birama 9, dinyanyikan secara unison atau suara wanita saja, suara pria mulai bernyanyi, pada syair : “Kami percaya…”. Jika dinyanyikan 3 suara, pilih aransemen sejenis, dimana penyanyi wanita dibagi 2, menyanyikan suara I dan II, sedangkan pria menyanyikan suara III.

 

  • 8. SUKACITA SAMBUT DIA
    Tersedia untuk aransemen SATB & Sejenis, lagu untuk persembahan, perjamuan atau penerimaan Tubuh Kristus, atau juga untuk masa khusus Natal dan Paskah. Usulan interpretasi, lagu ini bersifat sukacita dan riang gembira, dinyanyikan non legato (hindari menyanyi bersambung/legato), tapi bukan staccato. Perhatikan sahutan antar suara, perlu digarap agar nampak saling bersahutan, baik untuk aransemen SATB dan sejenis. Tempo lagu kurang lebih dengan MM. 116-120, Moderato mendekati Allegro. Jika jumlah komposisi suara tidak komplit, jika dinyanyikan 2 suara (wanita dan pria), pilih aransemen SATB, dimana wanita menyanyikan suara S dan pria menyanyikan suara T. Jika dinyanyikan 3 suara, pilih aransemen Sejenis, dimana pria menyanyikan suara II, dan penyanyi wanita dibagi dua, menyanyikan suara I dan III. Hanya pada saat Coda, wanita menyanyikan suara I dan II, sedangkan penyanyi pria menyanyikan suara III.

 

  • 9. BAGAIMANAKAH TUHAN
    Tersedia untuk aransemen SATB & Sejenis, dengan tema kontemplatif, maka lagu ini bisa digunakan sepanjang masa. Usulan interpretasi, tempo lagu Larghetto atau Adagio (MM. 60-66), perhatikan isi syair, sehingga melodi lagu ini bisa dibawakan dengan penuh perasaan. Bisa dinyanyikan dengan variasi berikut, dimana birama 1-8, suara S dinyanyikan oleh semua penyanyi wanita, birama 9-16 dinyanyikan oleh semua penyanyi pria, dengan ketentuan berikut : birama 9-12, pria menyanyikan suara B, birama 13-16, pria menyanyikan suara S. Dan secara serempak semua suara mengambil bagian masing-masing pada birama 16 akhir (mulai syair “Ku harus…) sampai selesai. Jika jumlah komposisi suara tidak komplit, jika dinyanyikan 2 suara, bisa dinyanyikan dengan cara variasi di atas, dan pada birama 16 akhir dan seterusnya, wanita menyanyikan suara S, dan pria menyanyikan suara B. Jika dinyanyikan untuk 3 suara, pilih aransemen sejenis, dimana wanita dibagi dua dengan menyanyikan suara I dan II, sedangkan pria menyanyikan suara III.

 

  • 10. PUJILAH YESUS KRISTUS
    Hanya tersedia untuk aransemen SATB saja. Tema lagu ini adalah pujian (worship) kepada Tuhan, sehingga selain bisa dinyanyikan sepanjang tahun, juga untuk masa khusus Natal dan Paskah. Usulan interpretasi, tempo lagu adalah Andante pada irama 6/8 (MM. 90, dihitung satu birama 2 ketuk, satu ketuk bernilai 3/8), meriah, riang dan non legato. Pada modulasi ke do = F, irama juga berganti dari 6/8 ke 4/4, tempo Larghetto (MM. 64), dinyanyikan dengan megah (untuk mengimbangi kemeriahan di awal lagu), pada birama 25, tempo sedikit dipercepat dan dinamis (tidak terlalu cepat, disesuaikan dengan tempo Larghetto). Usulan urutan lagu bisa dilihat pada akhir lagu ini. Tidak tersedia untuk aransemen sejenis, dan tidak ada usulan jika jumlah komposisi suara tidak komplit, karena lagu ini sebaiknya tetap dinyanyikan dengan format Mixed Choir atau SATB.

 

  • 11. GLORIA! KABAR GEMBIRA DARI SURGA
    Lagu ini adalah lagu khusus untuk Natal, merupakan medley dari beberapa lagu liturgi Natal yang terkenal. Usulan interpretasi, sudah tercantum pada partitur/teks lagu tersebut. Seperti lagu medley Natal pada buku UNBT-1 no. 12, lagu ini jika digarap dengan baik, akan menampakkan alur cerita. Khusus pada bagian B, dua lagu natal yang berbeda dinyanyikan secara serempak oleh S dan T, sehingga perlu diperhatikan penonjolan pada 2 suara ini, sedangkan suara A dan B sebagai penghias atau ornamen, jangan sampai menutupi melodi suara S dan T. Pada bagian C, pada birama 21-24, melodi pokok lagu ada pada Tenor, sebaiknya jangan sampai suara lain terlalu kuat dan Tenor kehilangan daya melodi lagunya. Melodi pokok (cantus firmus) dilanjutkan oleh suara Sopran pada birama 25-28, suara lain bisa mengurangi kekuatannya. Pada bagian B dan C, kekuatan utama bagian ini terletak pada perpaduan legato dan non legato (hampir staccato) pada masing-masing suara. Ketika cantus firmus dinyanyikan secara legato, suara lain menyanyikan bagiannya dengan non legato, begitu pula sebaliknya. Bagian D, merupakan interlude menuju lagu medley berikutnya (E), bisa bermain tempo, percepatan perlambatan, keras-lembut, dan staccato pada bagian sahut-sahutan dan sinkop. Bagian E, dinyanyikan dengan megah, dan powerful (powerful tidak berarti forte/fortissimo, lebih diinterpretasikan sebagai berenergi, suara lembut atau piano/pianissimo juga bisa powerful, yaitu nampak berjiwa), namun pada bagian E megah ditampakkan pada mf atau f, pada birama 45-52. Pada bagian F, jika sebelum masuk bagian ini dengan mf atau f, maka langsung subito piano (tiba-tiba lembut), dan “Gloria” dimulai dari lembut (piano) dan tempo biasa, meningkat ke lebih keras dan lebih cepat, semakin cepat dan diakhiri dengan fortissimo. Lagu ini hanya khusus untuk Mixed Choir (SATB) dan tidak bisa dinyanyikan untuk suara sejenis atau komposisi paduan suara yang tidak komplit.

 

  • 12. TUHAN TEMPAT BERLINDUNG (MAZMUR 9)
    Lagu ini diaransemen untuk SATB dan Sejenis. Syair diambil dari Mazmur 9, sehingga bisa setiap saat dinyanyikan dalam tema umum. Usulan interpretasi, lagu ini merupakan lagu yang tenang, dengan tempo MM. 68 (Adagio), namun dengan tetap memperhatikan pergerakan melodi dari lagu pokok atau cantus firmus untuk dapat merasakan jiwa lagu, dinyanyikan secara legato. Pada saat modulasi (dari do = F ke do = Es), tidak terlalu banyak perubahan tempo, bisa sedikit dipercepat dan ada (diberi) ketegasan pada harmoni nada asing (not miring), serta mengurangi legato menjadi non legato, tapi jangan sampai menjadi staccato. Pada modulasi berikutnya, lagu ini kembali kepada nada dasar awal, yaitu do = F, dengan melodi pokok yang sedikit berbeda pada akhir lagu. Pada bagian ini, dinyanyikan sedikit lebih dinamis, namun tempo jangan sampai terlalu cepat, atau masih dalam rentang tempo Adagio. Usulan untuk urutan menyanyikan lagu ini, bisa dibaca pada akhir teks atau partitur. Jika jumlah komposisi suara tidak komplit, jika dinyanyikan 2 suara untuk wanita dan pria, pilih aransemen Sejenis, dimana suara wanita menyanyikan suara I dan suara pria menyanyikan suara III. Jika dinyanyikan untuk 3 suara, pilih aransemen SATB, dimana suara wanita dibagi dua untuk menyanyikan suara S dan A, sedangkan pria menyanyikan suara B (sampai sebelum modulasi), saat modulasi ke do = Es, suara pria sebaiknya menyanyikan suara T, dan pada modulasi terakhir, dimana nada dasar kembali ke do=F, maka pria kembali menyanyikan suara B.

 

  • 13. MENYAMBUT TUBUH DARAH-MU
    Hanya tersedia untuk aransemen SATB. Tema lagu ini adalah untuk persembahan, perjamuan dan penerimaan Tubuh Kristus, maka bisa dinyanyikan sepanjang waktu, setiap tahun dengan tema yang umum maupun khusus (bisa untuk Kamis Putih). Usulan interpretasi, karena pada beberapa bagian lagu, ada birama yang diberi 4 akor (satu ketukan diberi satu akor), maka sebaiknya lagu ini tidak dinyanyikan secara cepat, namun juga jangan terlalu lambat, yaitu pada tempo sedang, misalnya dengan MM. 73-76. Harmoni dengan nada asing pada suara lain memang sengaja dipilih untuk memperkuat karakter lagu ini, nada miring harus bisa dibidik dengan tepat. Bas memiliki pergerakan melodi yang cukup istimewa, dalam melodi dengan nada asing dan beberapa lompatan dari nada la (6) bawah ke nada sol (5) natural, maka perlu latihan yang matang agar bisa tepat nadanya. Tidak ada usulan jika komposisi paduan suara tidak komplit, karena harmoni lagu ini disusun untuk saling melengkapi antara suara Sopran, Alto, Tenor dan Bas. Juga tidak disediakan aransemen Sejenis, jadi memang lagu ini harus dibawakan untuk Mixed Choir atau paduan suara campuran SATB.

 

  • 14. GENAP KASIH-NYA
    Tersedia untuk aransemen SATB & Sejenis, lagu ini mengangkat tema kebangkitan. Dengan kebangkitan-Nya, manusia telah ditebus-Nya, sehingga genaplah kasihnya. Tema ini bisa mencakup tema yang umum, sehingga bisa dinyanyikan sepanjang waktu, dan secara khusus dinyanyikan saat Paskah. Usulan interpretasi, pada awal lagu, suara yang bernyanyi adalah SAT saja, untuk membawa pada suasana yang ringan, tapi tempo tidak cepat, tempo pada awal lagu, bisa menggunakan MM. 82 atau Andante, pertahankan dinamika yang dinamis, tempo diperlambat dan dipercepat namun tidak terlalu ekstrim, usahakan untuk tetap tenang. Pada pengulangan, dimulai dari syair Kristus bangkit…, tempo bisa sedikit dipercepat (MM. 100-104), dinyanyikan secara non legato, dan pada sahut-sahutan syair Alleluya, perlu lebih ditonjolkan. Jika jumlah komposisi suara tidak komplit, jika dinyanyikan 2 suara (wanita dan pria saja), pilih aransemen Sejenis, wanita menyanyikan suara I dan pria menyanyikan suara III. Jika dinyanyikan 3 suara, wanita dibagi dua dengan menyanyikan suara I dan II, sedangkan pria menyanyikan suara III. Untuk female/choir/male choir, aransemen suara sejenis tetap dinyanyikan untuk 3 suara.

 

  • 15. AGUNGKAN TUHAN
    Tersedia untuk aransemen SATB & Sejenis, merupakan lagu pujian yang meriah dan riang gembira, dengan tema umum, sehingga bisa dinyanyikan sepanjang waktu, cocok juga untuk tema khusus pada Natal dan Paskah karena keceriaan yang dibangun oleh lagu ini. Usulan interpretasi, dinyanyikan non legato dengan tempo yang menggambarkan keceriaan, MM. 110-115 atau Moderato, perhatikan tekanan pada sinkop (irama gantung) untuk diperjelas. Pada birama 9-15 (mulai syair Perkasalah segala…), melodi pokok Sopran, dinyanyikan secara legato, dan kemudian kembali pada non legato pada birama 17. Jika jumlah komposisi suara tidak komplit, jika dinyanyikan 2 suara (wanita dan pria saja), maka pilih aransemen SATB, wanita menyanyikan suara S dan pria menyanyikan suara B. Jika dinyanyikan untuk 3 suara, piliah aransemen sejenis, wanita dibagi 2 menyanyikan suara I dan II, sedangkan pria menyanyikan suara III.

 

  • 16. PUJILAH NAMA TUHAN
    Tersedia untuk aransemen SATB dan Sejenis. Merupakan lagu dengan tema umum, bisa dinyanyikan sepanjang waktu. Dengan adanya kata Alleluya, maka cocok juga dinyanyikan saat masa Paskah. Usulan interpretasi, dinyanyikan dengan tempo MM. 120 atau Allegro, namun jangan dinyanyikan dengan keras terus menerus, penggunaan dinamika keras lembut, non legato dan dengan mempertahankan tempo, merupakan kekayaan dari lagu yang riang ini. Jika jumlah komposisi suara tidak komplit, jika dinyanyikan 2 suara (wanita dan pria), pilih aransemen sejenis, wanita menyanyikan suara I dan pria menyanyikan suara III. Jika dinyanyikan 3 suara, pilih aransemen SATB, dimana penyanyi wanita dibagi 2 dengan menyanyikan suara S dan A, sedangkan pria bernyanyi suara T.

 

  • 17. TUHAN KARENA KUASA-MU
    Disediakan hanya untuk aransemen Sejenis (female/children/male choir). Tema lagu ini adalah umum, sehingga bisa dipakai sepanjang tahun, cocok juga untuk masa Paskah. Usulan interpretasi, hindari penggunaan legato, artinya lagu ini dinyanyikan secara non legato dengan tempo MM. 83 atau Andante. Tidak tersedia untuk aransemen SATB, namun bisa dinyanyikan oleh kelompok paduan suara yang tidak komplit komposisinya, dimana suara I dinyanyikan Sopran, suara II dinyanyikan Alto dan suara III dinyanyikan oleh semua pria (Tenor dan Bas).

 

  • 18. SENANDUNG KASIH TUHAN
    Hanya untuk aransemen Sejenis (female/children/male choir) dengan tema umum, bisa dinyanyikan sepanjang waktu, termasuk untuk masa-masa khusus. Usulan interpretasi, karena banyak nada perenambelasan, maka tempo yang disarankan adalah MM. 65 (Larghetto), boleh sedikit lebih cepat, yang penting jangan sampai kehilangan hitungan nilai dari nada perenambelasannya.

 

  • 19. TUHAN ADALAH RAJA
    Hanya tersedia untuk aransemen Sejenis (female/children/male choir) dengan tema yang umum, tidak terpatok kepada masa khusus, sehingga bisa dinyanyikan sepanjang tahun. Usulan interpretasi, walaupun irama yang tercantum adalah 4/4, namun akan lebih ringan jika dinyanyikan dengan alla breve atau 2/2. Melodi pokok atau cantus firmus berpindah pada birama tertentu, dan usahakan untuk setiap melodi pokok tetap lebih menonjol daripada suara yang lain dan tidak tertutup. Tidak tersedia aransemen untuk SATB, namun untuk paduan suara yang tidak komplit komposisinya, boleh mencoba menyanyikan lagu ini, dimana penyanyi wanita dibagi dua untuk menyanyikan suara I dan II, sedangkan pria bergabung menjadi satu dengan menyanyikan suara III. Untuk menyanyikan 2 suara, tidak ada usulan.

Untuk pemesanan dan harga, dapat menghubungi ke nomor administrasi atau via kontak kami di :

Buku-buku seri Untaian Nada Bagi Tuhan, jilid lainnya bisa dibaca disini :

Seri buku lainnya :

1 person likes this post.

Share Button



No Responses to "Buku Lagu : Untaian Nada Bagi Tuhan (UNBT) – Jilid 2"

Comment Form

INSPIRASI

Creativity is the ability to introduce order into the randomness of nature. - Eric Hoffer

Langganan Posting

Ingin selalu mendapatkan informasi terbaru tentang lagu-lagu paduan suara? Ada Lagu Rohani, Lagu Daerah, Lagu Reliji, Lagu Nasional, dan sebagainya? Masukkan alamat email anda di sini:

Delivered by FeedBurner

Jangan lupa untuk kemudian periksa email anda dan klik pada link di dalam email untuk mengaktifkannya, jika tidak diaktifkan, maka belum dapat menerima email dari website ini saat ada informasi terbaru. Jika belum menerima e-mail, cek di SPAM FOLDER. Terima Kasih.

Views

Informasi

Kami mohon maaf jika suatu saat mendapati website ini tidak dapat diakses. Hal ini karena server hosting yang kami sewa sering sekali down. Bookmark Website ini segera agar dapat dikunjungi kembali. Klik logo ini :

Bookmark and Share

Atau tekan CTRL+D dari keyboard.

Transportasi Umum ke Kandangjago Online Publisher

Kontak Kami

Klik disini :

TENTANG KAMI

Blackberry | PIN BlackBerry: D39FF8E8
Whatsapp | Whatsapp Only : 0811.255.375
Email | Email : kandangjago@gmail.com
Alamat | Alamat : Jl. Ki Mangunsarkoro 57a
Alamat | Kota : Yogyakarta 55111
Google Maps | -- lihat peta via Google Maps --
Twitter | Twitter : @kandangjago
Facebook | Facebook : Kandangjago

Searching

Latest tweets

  • Loading tweets...

Lirik Lagu Paduan Suara – Semua Lagu Ada Arrangement untuk Paduan Suara. Silahkan klik Kontak Kami untuk mendapatkannya.

Traffic

pembesar penis obat pembesar vimax toko vimax original toko vimax vimax original obat pembesar pembesar penis pembesar payudara alat bantu sex pembesar penis alat vital pembesar alat vital obat pembesar vimax vimax vimax asli obat kuat obat kuat herbal obat pembesar penis obat pembesar pembesar penis alat pembesar penis pembesar penis alat bantu sex perangsang obat perangsang perangsang wanita pelangsing badan obat pelangsing pelangsing pelangsing obat pembesar pembesar penis vimax obat peninggi peninggi badan peninggi pembesar penis obat pembesar pembesar penis obat pembesar penis