Lagu Paduan Suara | Partitur SATB | Lagu Indonesia

08 Jul, 2009

Beethoven : Sejarah Kehidupan Seorang Komponis Klasik (4)

Posted by: kandangjago In: Komponis|Musik|Sejarah Musik| 2,464 views

sejarah_ludwig_van_beethoven-imgSeputaran tahun 1802, Ludwig Van Beethoven mengalami depresi, tapi ia kemudian mampu mengatasi hal ini. Kesungguhan untuk memperjuangkan nasibnya diaplikasikan melalui musiknya sepanjang periode 1803 sampai dengan 1812. Karyanya pada periode ini merupakan karya besar yang mengimplikasikan sikapnya terhadap hidup. Emosi sebagai seorang komponis dituangkan dalam karya-karyanya, ide-ide dinotasikan pada sonata dan simfoni ciptaannya.

Oratorio Kristus di Bukit Zaitun seolah-olah menghubungkan antara penderitaan Yesus dengan dirinya. Dalam opera Fidelio versi yang pertama, juga menampakkan gambaran penderitaan yang diakhiri dengan pembebasan, atau kemenangan kebaikan terhadap kejahatan.

Simfoni No. 3 dalam Es Mayor, Eroica Op. 55 semula oleh Beethoven disebut Simfoni Bonaparte karena ia ingin menghormati Napoleon Bonaparte. Tapi tidak jadi, karena Beethoven tidak suka ketika Napoleon Bonaparte kemudian mentahbiskan dirinya sebagai Kaisar Perancis pada tahun 1804. Beethoven menganggap hal ini sebagai pengkhianatan atas cita-cita manusia yang semula diwakili oleh sosok Napoleon. Ia kemudian mengganti judul Simfoninya ini dengan tulisan Simfoni Pahlawan (Eroica), dan sub judul, diciptakan untuk menyambut ingatan seseorang yang agung. Simfoni ini merupakan simfoni terbesar pada masa itu dan durasinya sekitar 50 menit.

Musik kamar yang semula dimaksudkan untuk kenikmatan pribadi di rumah-rumah, mulai juga dijadikan konser untuk umum. Beberapa karyanya, 6 Kuartet Gesek Op. 18 berdurasi 25 menit, 3 Kuartet Gesek Op. 59 yang berdurasi hampir 50 menit, sonata Piano Waldstein Op. 53 dan Appasionata, Konserto Piano No. 4 dan No. 5 (Kaisar), Konserto Biola menunjukkan perkembangan dimensi musik Beethoven.

Sepanjang tahun 1805 sampai dengan 1814, Beethoven menghabiskan banyak waktu untuk komposisi dan perbaikan opera tunggal Fidelio. Seperti halnya tradisi dalam komposisi singspiel, Fidelio juga menggunakan dialog, walaupun unsur komedi (yang saat itu banyak dimunculkan dalam opera) tidak begitu menjadi fokus perhatian Beethoven, sehingga Fidelio adalah opera yang serius.

Beethoven merevisi Fidelio sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 1806 dan tahun 1814. Pada tanggal 20 November 1805, Fidelio versi pertama dipertunjukkan di Wina namun tidak berhasil, hal ini disebabkan kemungkinan besar karena pengaruh penaklukan kota Wina oleh Napoleon, sehingga penonton dari kalangan bangsawan juga sudah banyak yang melarikan diri dari Wina. Dalam Fidelio ada empat overture, yaitu Overtura Leonora No. 1, 2 dan 3, serta overture terakhir (yang keempat) yang diciptakan pada tahun 1814 sering disebut sebagai Overtura Fidelio. Revisi terakhir opera Fidelio meraih kesuksesan besar ketika dipertunjukkan pada bulan Mei 1814.

Sampai dengan tahun 1812, Beethoven belum menikmati sumber penghasilan yang tetap. Ia bergantung kepada para bangsawan Wina pendukungnya dan beberapa teman dekatnya. Uang diperoleh saat dia mempersembahkan karyanya kepada seseorang dan ketika mendapat pesanan komposisi, selain juga menerima honorarium dari penerbit musiknya. Hal ini dipersulit lagi dengan peperangan dengan Napoleon yang mengakibatkan banyak bangsawan Wina yang kehilangan kekuasaannya.

Beethoven sering terlibat dalam konser amal dan derma, sehingga sebagai ucapan terima kasih atas kegiatannya ini maka ia diijinkan untuk menggunakan teater Wina dengan mengadakan konser mencari dana bagi dirinya pada tanggal 22 Desember 1808. Konser ini berdurasi 4 jam untuk seluruh musik Beethoven yang sebagian besar diantaranya adalah komposisi baru, termasuk Simfoni No. 5 dan 6, Konserto Piano No. 4 (dimana Beethoven sebagai solo pianis) dan Fantasia Kor Op. 80. Konser ini menjadikan para bangsawan di kota Wina berjanji akan memberikan gaji tahunan kepada Beethoven supaya ia tetap tinggal di Wina dan tidak pindah ke kota lain.


1 person likes this post.

Share Button



No Responses to "Beethoven : Sejarah Kehidupan Seorang Komponis Klasik (4)"

Comment Form

INSPIRASI

Creativity is the ability to introduce order into the randomness of nature. - Eric Hoffer

Langganan Posting

Ingin selalu mendapatkan informasi terbaru tentang lagu-lagu paduan suara? Ada Lagu Rohani, Lagu Daerah, Lagu Reliji, Lagu Nasional, dan sebagainya? Masukkan alamat email anda di sini:

Delivered by FeedBurner

Jangan lupa untuk kemudian periksa email anda dan klik pada link di dalam email untuk mengaktifkannya, jika tidak diaktifkan, maka belum dapat menerima email dari website ini saat ada informasi terbaru. Jika belum menerima e-mail, cek di SPAM FOLDER. Terima Kasih.

Views

Informasi

Kami mohon maaf jika suatu saat mendapati website ini tidak dapat diakses. Hal ini karena server hosting yang kami sewa sering sekali down. Bookmark Website ini segera agar dapat dikunjungi kembali. Klik logo ini :

Bookmark and Share

Atau tekan CTRL+D dari keyboard.

Searching

Kontak Kami

Klik disini :

TENTANG KAMI

Blackberry | PIN BlackBerry: D39FF8E8
Whatsapp | Whatsapp Only : 0821.3444.0242
Email | Email : kandangjago@gmail.com
Alamat | Alamat : Jl. Ki Mangunsarkoro 39a
Alamat | Kota : Yogyakarta 55111
Google Maps | -- lihat peta via Google Maps --
Twitter | Twitter : @kandangjago
Facebook | Facebook : Kandangjago
Wndows Live Messenger | Windows Live Messenger :
kandangjago@hotmail.com

Latest tweets

  • Loading tweets...

Lirik Lagu Paduan Suara – Semua Lagu Ada Arrangement untuk Paduan Suara. Silahkan klik Kontak Kami untuk mendapatkannya.

Traffic

pembesar penis obat pembesar vimax toko vimax original toko vimax vimax original obat pembesar pembesar penis pembesar payudara alat bantu sex pembesar penis alat vital pembesar alat vital obat pembesar vimax vimax vimax asli obat kuat obat kuat herbal obat pembesar penis obat pembesar pembesar penis alat pembesar penis pembesar penis alat bantu sex perangsang obat perangsang perangsang wanita pelangsing badan obat pelangsing pelangsing pelangsing obat pembesar pembesar penis vimax obat peninggi peninggi badan peninggi pembesar penis obat pembesar pembesar penis obat pembesar penis