Lagu Paduan Suara | Partitur SATB | Lagu Indonesia

07 Jul, 2009

Beethoven : Sejarah Kehidupan Seorang Komponis Klasik (3)

Posted by: kandangjago In: Komponis|Musik|Sejarah Musik| 3,220 views

sejarah_ludwig_van_beethoven-imgKarir Ludwig Van Beethoven sebagai seorang pianis (pemain piano) mulai dikembangkan melalui konser yang sering diselenggarakan oleh para bangsawan secara pribadi di rumah mereka. Konser pertamanya di depan umum diselenggarakan pada tanggal 29 Maret 1795 di Wina, pada usia 25 tahun dan ia telah menunjukkan kelasnya sebagai seorang komponis dan pemain piano yang handal dan berprestasi. Ia membawakan Konserto Piano dalam Bes Mayor dan pada bulan Desember tahun yang sama, ia juga mengadakan konser lagi dengan memainkan Konserto Piano dalam C Mayor Op. 1 yang dipersembahkan untuk gurunya, Franz Josef Haydn.

Dalam setiap konsernya, Beethoven selalu bermain dengan semangat dan penuh emosi yang mendalam. Hal ini pun tercermin dalam karya-karyanya, sonata piano di awal kariernya penuh kebebasan dan daya kreativitas yang tinggi. Contohnya, Sonata Piano dalam F Minor No. 1 Op. 2, yang memperlihatkan bahwa Beethoven ingin memperlihatkan diri sebagai seorang musisi yang berbeda dari Haydn dan Mozart. Musik pianonya begitu tegas dan agresif berbeda dengan tujuan dan suasana musik generasinya, dimana saat itu musik diciptakan dengan tujuan untuk menghibur.

Pada tahun 1796, Beethoven mengadakan konser di beberapa kota, yaitu di Nuremberg, Prague, Dresden dan Berlin. Ia mempersembahkan Sonata Piano dalam C minor Op. 13 (Pathetique) kepada Pangeran Karl Lichnowsky dalam konser-konser tersebut. C minor adalah nada dasar yang sering digunakan Beethoven untuk membuat musik yang serius dan tegas.

Pada usia 31 tahun (1801), ia merasakan pendengarannya mulai berkurang. Ia juga menerima seorang murid wanita berusia 17 tahun bernama Countess Giulietta Guicciardi (1784 – 1856). Beethoven jatuh cinta dengan muridnya ini dan membuat Sonata Piano Op. 27 No. 2 yang dipersembahkan untuk Giulietta. Sebetulnya sang putri bangsawan bersedia menerima lamaran Beethoven, tapi kedua orang tua sang putri tidak mengijinkannya untuk menikah dengan seorang biasa.

Beethoven mengatakan bahwa pendengarannya mulai berkurang karena kebiasaannya menuangkan air dingin di kepala saat membuat komposisi-komposisi musiknya. Hal ini ia lakukan sering sekali untuk menyegarkan dirinya, tapi setelah itu ia tidak mengeringkan rambutnya. Dan hal ini berpengaruh pada syaraf pendengarannya. Akibat masalah pendengaran ini, ia mengalami depresi sepanjang tahun 1802. Sebagai seorang komponis, ia tidak merasa terganggu, karena ia masih dapat mendengarkan musik dalam otaknya, bahkan musik yang sangat kompleks dan ia dapat menotasikannya melalui partitur yang ia tulis. Ia tidak menciptkan musik melalui piano, melainkan di atas meja tulis untuk mengaplikasikan ide-ide musik dari otaknya.

Tapi sebagai seorang pemain piano paling berprestasi di Wina saat itu, masalah penyakitnya ini dirasakannya sebagai suatu bencana besar. Harapannya untuk berkarir sebagai guru piano dan dirigen harus ditinggalkan. Komunikasinya dengan orang-orang dalam masalah sosial, terutama dengan para wanita sangat terganggu. Rasa kesendirian semakin bertambah besar dalam dirinya. Kesedihannya meningkat seiring dengan ketidakberhasilannya mencari istri. Walaupun ia sering jatuh cinta, dan biasanya dengan wanita bangsawan, karena pergaulannya saat itu, namun cintanya tidak pernah dibalas. Ia menjadi tumbuh dengan memiliki sifat yang agresif karena penyakitnya dan masalah seputar dirinya.

Pada bulan Oktober 1802 saat dia berada di desa Heiligenstadt di daerah luar kota Wina, ia menulis surat wasiat, yang kemudian dikenal dengan wasiat Heiligenstadt untuk kedua adik laki-lakinya. Surat ini berisi kesedihan Beethoven pada keadaanya yang sakit dan banyak masalah dalam kehidupannya, bahkan ia menganggap waktu ajalnya sudah dekat.

Selama tahun 1802, musik yang diciptakan Beethoven bersifat musik murni yang seolah-olah tidak memiliki hubungan dengan ide-ide di luar musik. Musik yang menggambarkan suasana hati dan emosi yang subyektif yang biasanya tertuang dalam musiknya tidak keluar dalam karyanya. Musiknya bersifat absolute ilmu harmoni murni dari suatu musik saja.


3 people like this post.

Share Button



1 Response to "Beethoven : Sejarah Kehidupan Seorang Komponis Klasik (3)"

1 | Dal Varez

March 24th, 2011 at 09:09

Avatar

perjalanan hidup yang luar biasa… seperti karya nya juga yang dihasilkan……….

Comment Form

INSPIRASI

Creativity is the ability to introduce order into the randomness of nature. - Eric Hoffer

Langganan Posting

Ingin selalu mendapatkan informasi terbaru tentang lagu-lagu paduan suara? Ada Lagu Rohani, Lagu Daerah, Lagu Reliji, Lagu Nasional, dan sebagainya? Masukkan alamat email anda di sini:

Delivered by FeedBurner

Jangan lupa untuk kemudian periksa email anda dan klik pada link di dalam email untuk mengaktifkannya, jika tidak diaktifkan, maka belum dapat menerima email dari website ini saat ada informasi terbaru. Jika belum menerima e-mail, cek di SPAM FOLDER. Terima Kasih.

Views

Informasi

Kami mohon maaf jika suatu saat mendapati website ini tidak dapat diakses. Hal ini karena server hosting yang kami sewa sering sekali down. Bookmark Website ini segera agar dapat dikunjungi kembali. Klik logo ini :

Bookmark and Share

Atau tekan CTRL+D dari keyboard.

Searching

Kontak Kami

Klik disini :

TENTANG KAMI

Blackberry | PIN BlackBerry: D39FF8E8
Whatsapp | Whatsapp Only : 0821.3444.0242
Email | Email : kandangjago@gmail.com
Alamat | Alamat : Jl. Ki Mangunsarkoro 39a
Alamat | Kota : Yogyakarta 55111
Google Maps | -- lihat peta via Google Maps --
Twitter | Twitter : @kandangjago
Facebook | Facebook : Kandangjago
Wndows Live Messenger | Windows Live Messenger :
kandangjago@hotmail.com

Latest tweets

  • Loading tweets...

Lirik Lagu Paduan Suara – Semua Lagu Ada Arrangement untuk Paduan Suara. Silahkan klik Kontak Kami untuk mendapatkannya.

Traffic

pembesar penis obat pembesar vimax toko vimax original toko vimax vimax original obat pembesar pembesar penis pembesar payudara alat bantu sex pembesar penis alat vital pembesar alat vital obat pembesar vimax vimax vimax asli obat kuat obat kuat herbal obat pembesar penis obat pembesar pembesar penis alat pembesar penis pembesar penis alat bantu sex perangsang obat perangsang perangsang wanita pelangsing badan obat pelangsing pelangsing pelangsing obat pembesar pembesar penis vimax obat peninggi peninggi badan peninggi pembesar penis obat pembesar pembesar penis obat pembesar penis