Lagu Paduan Suara | Partitur SATB | Lagu Indonesia

10 Jul, 2009

Beethoven : Sejarah Kehidupan Seorang Komponis Klasik (5) – Tulisan Terakhir

Posted by: kandangjago In: Komponis|Musik|Sejarah Musik| 5,261 views

sejarah_ludwig_van_beethoven-imgSalah satu pendukung Ludwig Van Beethoven adalah seorang pangeran bernama Pangeran Johann Joseph Rainer Rudolph, adik dari Kaisar Austria. Keluarganya berkehendak sang pangeran bersekolah untuk menjadi pastur, dan pangeran ini kelak nantinya akan menjadi uskup agung Olmutz, Archduke Rudolph. Rudolph mulai belajar piano kepada Beethoven pada tahun 1803 dan menjadi satu-satunya murid yang mewarisi kemampuan Beethoven di bidang komposisi.

Pada tahun 1809, Napoleon menaklukkan kota Wina untuk yang kedua kalinya. Hampir semua bangsawan dan pembesar, termasuk Kaisar Wina dan Pangeran Rudolph melarikan diri dari kota Wina. Pertempuran dan pendudukan kota Wina oleh tentara Perancis berlangsung selama kurang lebih 2 bulan dan Beethoven tetap tinggal di kota ini, ia menciptakan Sonata Les Adieux selama masa perang.

Tahun 1810 sampai dengan 1812, Beethoven berusaha mencari jodoh, termasuk melamar Therese Malfatti, namun ia ditolak. Selama tahun-tahun ini, ia banyak menyelesaikan karya-karya yang terkenal. Kariernya sebagai pemain piano atau pianis sudah selesai sejak penampilan terakhirnya pada konser tahun 1808, karena pada saat Beethoven tampil dalam konser mencari dana untuk derma pada tahun 1814, ia sudah tidak dapat mendengar permainannya sendiri.

Masa setelah tahun 1812 sampai dengan tahun 1817 disebut sebagai masa sunyi Beethoven, hasil karyanya hanya sedikit dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dan ia semakin terputus dari dunia luar karena kondisi pendengarannya yang kian memburuk. Komunikasi hanya dilakukan dengan tulisan, keadaan rumahnya kacau, dan perilakunya menjadi tak terkendali. Beethoven pernah menyatakan pada beberapa teman dan saudaranya, bahwa kondisi pendengarannya semakin berkurang karena kebiasaan buruknya, yaitu menyiramkan air dingin ke kepalanya untuk menyegarkan ide-ide dalam membuat komposisi musik. Rambut dan kepalanya menjadi basah dan tidak pernah dikeringkan. Pada tahun 1818, ia benar-benar tuli dan tidak dapat mendengar suara sama sekali.

Masa sunyi Beethoven berakhir pada tahun 1817, ketika ia menciptakan Sonata Piano dalam A Mayor Op. 101 dan juga menciptakan Sonata Piano dalam empat gerakan yang sangat besar yang dikenal dengan Sonata Hammerklavier Op. 106. Karya ini menghabiskan waktu selama satu tahun. Ia juga menciptakan sebuah misa besar yang menghabiskan waktu kurang lebih tiga tahun yang dipersembahkan untuk Pangeran Rudolph saat tahbisan sebagai uskup agung Olmutz.

Tahun 1822 – 1826, kehidupan rutin Ludwig Van Beethoven dipenuhi dengan kegiatan komposisi. Dia sendiri sudah mulai enggan untuk menghadiri konser karyanya.

7 Mei 1824 diadakan konser penuh untuk hampir semua karya Ludwig Van Beethoven, antara lain Overtura Die Weihe des Hauses Op. 124, Kyrie, Credo dan Agnus Dei dari Misa Solemnis Op. 123 dan Simfoni No. 9 dalam D Minor Op. 125. Ruangan konser penuh sekali, musik Beethoven disambut penonton dengan semangat. Kabarnya, karena tidak bisa mendengar sambutan penonton pada akhir Simfoni No. 9 dan masih tetap membaca partitur musiknya, sehingga ia harus dibimbing oleh seorang penyanyi agar dapat melihat penonton dan memberi hormat kepada mereka.

Setelah konser ini, Beethoven lebih banyak membuat kuartet gesek, ada lima komposisi kuartet gesek yang diciptakan selama tahun 1824 sampai dengan 1826. Pada bulan Desember 1826, ia jatuh sakit karena menderita radang paru-paru (pneumonia) dan sakit liver sehingga perlu dirawat oleh beberapa dokter.

Akhirnya setelah membuat surat wasiat yang memberikan seluruh hartanya kepada Karl van Beethoven, putra dari adiknya, maka pada tanggal 26 Maret 1827, pukul 17.45, saat terjadi badai besar di kota Wina, Ludwig Van Beethoven, seorang komponis jaman klasik yang paling berprestasi, meninggal dunia. Sekitar 10.000 orang menghadiri upacara pemakamannya yang menunjukkan tanda betapa hebat prestasinya di kota Wina.



16 people like this post.

Share Button



No Responses to "Beethoven : Sejarah Kehidupan Seorang Komponis Klasik (5) – Tulisan Terakhir"

Comment Form

INSPIRASI

So much of life, it seems to me, is determined by pure randomness. - Sidney Poitier

Langganan Posting

Ingin selalu mendapatkan informasi terbaru tentang lagu-lagu paduan suara? Ada Lagu Rohani, Lagu Daerah, Lagu Reliji, Lagu Nasional, dan sebagainya? Masukkan alamat email anda di sini:

Delivered by FeedBurner

Jangan lupa untuk kemudian periksa email anda dan klik pada link di dalam email untuk mengaktifkannya, jika tidak diaktifkan, maka belum dapat menerima email dari website ini saat ada informasi terbaru. Jika belum menerima e-mail, cek di SPAM FOLDER. Terima Kasih.

Views

Informasi

Kami mohon maaf jika suatu saat mendapati website ini tidak dapat diakses. Hal ini karena server hosting yang kami sewa sering sekali down. Bookmark Website ini segera agar dapat dikunjungi kembali. Klik logo ini :

Bookmark and Share

Atau tekan CTRL+D dari keyboard.

Searching

Kontak Kami

Klik disini :

TENTANG KAMI

Blackberry | PIN BlackBerry: 281AB623
Whatsapp | Whatsapp : 0856.4325.9955
SMS | SMS : 0856.4325.9955
Telepon | Telepon 1 : 0274.918.6.518
Email | Email : kandangjago@gmail.com
Alamat | Alamat : Jl. Ki Mangunsarkoro 39a
Alamat | Kota : Yogyakarta 55111
Google Maps | -- lihat peta via Google Maps --
Twitter | Twitter : @kandangjago
Facebook | Facebook : Kandangjago
Wndows Live Messenger | Windows Live Messenger :
kandangjago@hotmail.com

Latest tweets

  • Loading tweets...

Lirik Lagu Paduan Suara – Semua Lagu Ada Arrangement untuk Paduan Suara. Silahkan klik Kontak Kami untuk mendapatkannya.

Traffic

pembesar penis obat pembesar vimax toko vimax original toko vimax vimax original obat pembesar pembesar penis pembesar payudara alat bantu sex pembesar penis alat vital pembesar alat vital obat pembesar vimax vimax vimax asli obat kuat obat kuat herbal obat pembesar penis obat pembesar pembesar penis alat pembesar penis pembesar penis alat bantu sex perangsang obat perangsang perangsang wanita pelangsing badan obat pelangsing pelangsing pelangsing obat pembesar pembesar penis vimax obat peninggi peninggi badan peninggi pembesar penis obat pembesar pembesar penis obat pembesar penis